Senin

Suhu & Kalor


Apersepsi 


Dalam keseharian kita, banyak peristiwa yang melibatkan perubahan- perubahan keadaaan yang tidak terlihat oleh mata kita. Beberapa di antaranya adalah peristiwa keringnya pakaian basah di tali jemuran dan melelehnya sebongkah es menjadi air. Semua perubahan tersebut berkaitan dengan pengaruh kalor atau panas.  Dalam dunia modern sekarang ini, perkembangan teknologi tentang pemanfaatan kalor dan konservasi kalor semakin cepat dan meluas. Misalnya, pemanfaatan geotermal, energi surya, energi uap, serta solar heater dalam kehidupan manusia. Untuk itu, sangatlah penting bagi kalian sebagai pelajar untuk memahami penerapan konsep-konsep kalor serta konservasi energi yang berhubungan dengan kalor. Pada bab ini, kalian diharapkan dapat menyelidiki pengaruh kalor terhadap suatu zat, mengetahui bagaimana terjadinya perpindahan kalor, dan memahami asas Black beserta penerapannya. 
Matahari merupakan sumber energi utama bagi bumi. Dengan energi matahari, permukaan bumi menjadi hangat dan seluruh kehidupan makhluk hidup di permukaan bumi dapat berlangsung. Salah satunya adalah proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan berklorofil yang memerlukan energi matahari. Energi matahari juga berperan penting pada proses penguapan air laut demi berlangsungnya siklus air.   Energi matahari merupakan energi panas, yang dapat berubah bentuk menjadi energi lain. Misalnya saja, energi panas air yang menjadi uap, dapat menggerakkan mesin-mesin pembangkit energi listrik. Hal itu berarti energi panas dapat sangat berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam konsep fisika, energi panas tersebut dinyatakan sebagai besarnya derajat suhu.  Hal menarik lainnya dari energi panas adalah dapat berpindahnya energi panas ke benda lain yang lebih dingin, baik benda berwujud padat, cair, atau gas. Sebagai contoh, ketika adik sedang sakit panas, ibu berusaha menurunkan suhu badan adik dengan cara mengompres, biasanya menempelkan kain atau handuk hangat pada kening adik. Tujuannya agar pori-pori kulit terbuka sehingga panas tubuh dapat keluar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://informasifisika.blogspot.com.jangan lupa komentarnya.karya WINARNO dalam "Pemanfaatan Web Blogspot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor Di Kelas XE SMA Negeri 06 Kota Bengkulu