Senin

1. Pengertian Suhu

Kalian tentunya pernah mandi menggunakan air hangat, bukan? Tentunya kalian juga sudah mngetahui bagaimana air hangat tersebut dihasilkan. Untuk mendapatkan air hangat, kita mencampur air dingin dan air panas menjadi satu. Energi panas dari air panas akan mengalir ke air dingin sehingga diperoleh air dengan suhu yang lebih panas daripada air dingin dan lebih dingin daripada air panas. 

Untuk menyatakan ukuran derajat panas dan dinginnya suatu benda, dinyatakan dengan besaran suhu. Dengan demikian, suhu didefinisikan sebagai besaran yang menyatakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Karena suhu sudah kita nyatakan sebagai besaran, semestinya harus ada alat ukur bagi suhu. Untuk mengetahuinya, siapkanlah 3 wadah yang berisi air es, air biasa, dan air hangat. Ketika tangan disentuhkan pada air dingin, kita katakan suhu air tersebut dingin. Sementara ketika tangan disentuhkan pada air hangat, kita katakan suhu air tersebut panas. Namun hal itu, tidak dapat dijadikan acuan. Mengapa demikian? Untuk mengetahuinya, coba kalian tentukan suhu air biasa di atas, apakah suhunya dingin atau panas? Langkah awal, sentuhkan tangan kananmu pada air hangat. Sementara itu, sentuhkan juga tangan kirimu pada air dingin. Selanjutnya, masukkan kedua tanganmu secara bersaman pada wadah yang berisi air biasa. 

Cermatilah pengukuran yang dilakukan kedua tanganmu. Pada saat menyentuh air biasa, tangan kananmu akan terasa dingin karena melepas kalor sedangkan tangan kirimu akan terasa panas karena menerima kalor. Mengapa kedua tanganmu tidak merasakan hal yang sama meskipun yang disentuh adalah air yang sama, yaitu air biasa. Karena tangan tidak dapat digunakan sebagai alat ukur suhu, digunakanlah termometer, yang dapat menyatakan suhu dalam ukuran celcius, reamur, fahrenheit, ataupun kelvin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://informasifisika.blogspot.com.jangan lupa komentarnya.karya WINARNO dalam "Pemanfaatan Web Blogspot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor Di Kelas XE SMA Negeri 06 Kota Bengkulu