Senin

Perubahan wujud zat dari padat menjadi cair

Perubahan wujud zat dari padat menjadi cair disebut mencair atau melebur. Contohnya, es berubah menjadi air. Zat padat dapat berubah menjadi cair hanya pada suhu tertentu, yang disebut sebagai titik lebur zat. Sebagai contoh, pada tekanan normal 1 atmosfer, es melebur pada suhu 00C. Pada saat melebur, suhu zat tetap. Jumlah kalor yang diperlukan untuk meleburkan suatu zat padat dipengaruhi oleh massa zat itu dan kalor leburnya. Secara matematis, dapat dituliskan sebagai berikut.

Q = m L

Keterangan:
m = massa zat (kg)
L = kalor zat (J/kg)

Kalor lebur zat (L) adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk mengubah wujud 1 kg zat padat menjadi zat cair pada titik leburnya.

Perubahan wujud zat dari padat menjadi cair disebut mencair atau melebur, sebaliknya perubahan wujud zat dari cair menjadi padat disebut membeku. Kalor yang dibutuhkan untuk melebur disebut kalor laten peleburan atau kalor lebur (L), sedangkan kalor yang dilepaskan ketika zat membeku disebut kalor laten pembekuan atau kalor beku (L). Kalor lebur sama dengan kalor beku, jadi kalor lebur suatu zat dapat didefinisikan sebagai kalor yang diperlukan oleh suatu satuan massa zat untuk melebur seluruhnya pada titik leburnya. Jika suatu zat massanya m kg, untuk melebur seluruhnya dibutuhkan kalor sebesar Q joule.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://informasifisika.blogspot.com.jangan lupa komentarnya.karya WINARNO dalam "Pemanfaatan Web Blogspot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor Di Kelas XE SMA Negeri 06 Kota Bengkulu