Rabu

CONTOH SOAL SKL 3

1.   320 gram campuran es dan air pada suhu 0oC berada dalam bejana yang kapasitas kalornya dapat diabaikan. Kemudian dimasukkan 79 gram uap air yang bersuhu 100oC ke dalam bejana tersebut. Suhu akhir menjadi 79oC. jika kalor lebur es 79,0 kal/gram dan kalor penguapan air 540 kal/gram, maka banyaknya air mula – mula adalah . . . gram.
Jawaban:
Ø  Kalor yang dilepas uap air (100oC)

 Ø  Kalor yang diterima campuran es dan air (0oC)
 

 \



 asas black

 





2. Dalam botol termos terdapat 230 gram kopi pada suhu 90oC. Ditambahkan susu sebanyak 20 gram bersuhu 5oC. Berapakah suhu campuran ? (Misalkan tidak ada kalor pencampuran maupun kalor yang terserap botol termos cair = ckopi = csusu = 1,00 kal/goC)
 Jawaban:
Kalor yang dilepaskan kopi = kaor yangdiserap suhu







3. Jika 75 gram air yang suhunya 0oC dicampur dengan 50 gram air yang suhunya 100oC, maka suhu akhir campuran itu adalah . . .
Jawaban:
Misal suhu akhir ToC, maka sesuai asas Black :
4. Suatu kalorimeter berisi es (kalor jenis es = 0,5 kal/g K, kalor lebur es 80 kal/g) sebanyak 36 g pada suhu -6oC. kapasitas kalor kalorimeter ialah 27 kal/K. Kemudian ke dalam kalorimeter itu dituangkan alkohol (kalor jenis 0,58 kal/g K) pada suhu 50oC yang menyebabkan suhu akhir menjadi 8oC. Maka massa alkohol yang dituangkan adalah . . . gram

Jawaban:
Asas Black ;
5.    Dalam sebuah bejana yang massanya diabaikan terdapat a gram air 42oC dicampur dengan b gram es -4oC. Setelah diaduk ternyata 50% es melebur. Jika titik lebur es = 0oC, kalor jenis es = 0,5 kal/goC, kalor lebur es = 80 kal/g, maka perbandingan a dan b adalah . . .

Jawaban:
Sesuai dengan asas Black, kalor yang dilepas air (Q3) sama dengan kalor yang diserap es untuk menaikkan temperaturnya (Q1) dan untuk melebur 50% es (Q2).


 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://informasifisika.blogspot.com.jangan lupa komentarnya.karya WINARNO dalam "Pemanfaatan Web Blogspot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor Di Kelas XE SMA Negeri 06 Kota Bengkulu